Indonesia Menangis

By 20 Des 2018, 11:08:22 WIBartikel

Indonesia Menangis

Oleh: Teguh Imam Agus Hidayat, Litbang Klinik Pendidikan MIPA 

Di penghujung perhelatan demokrasi, banyak sekali aib yang bertebaran. Saling hina, saling gunjing, dan merasa paling benar itu tak hanya sebatas masyarakat awam, bahkan ulama yang mengerti ilmu pun ikut andil di dalamnya. Ini terjadi tak ayal karena pembahasan politik. Allah berfirman “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang". (QS Al Hujurat ayat 12).

Ghibah dan fitnah adalah salah satu perilaku yang tidak disukai oleh Rasulullah. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabda “Tahukah engkau apa itu ghibah?” mereka menjawab “ALLAH dan Rasul-Nya yang lebih tahu”. Ia berkata, “Engkau menyebut kejelekan saudaramu yang ia tidak suka untuk didengarkan orang lain”. Beliau ditanya, “Bagaimana jika yang disebutkan sesuai kenyataan?”, jawab Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Jika sesuai kenyataan berarti engkau telah menggibahnya. Jika tidak sesuai, berarti engkau telah memfitnahnya.” (HR. Muslim). Apakah kita masih mau melakukannya? Padahal kita ketahui keduanya merupakan dosa besar.

Perasaan paling benar dan menyalahkan yang lain itu salah satu perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran ALLAH dan Rasul-Nya. Rasulullah bersabda “Janganlah menyatakan diri kalian suci. Sesungguhnya Allah yang lebih tahu manakah yang baik di antara kalian.” (HR. Muslim). Iblis adalah makhluk yang merasa paling mulia, tetapi akhirnya ALLAH tempatkan ia di tempat terhina. Karena sesungguhnya perasaan paling itu adalah milik ALLAH, tiada makhluk yang bisa menyandangnya.

Seandainya orang lain salah, melakukan perbuatan hina, dalam Islam tetap tidak diperkenankan di bahas di publik, apalagi menjatuhkan saudara seiman. ALLAH berfirman 

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman. Dan barangsiapa yang tidak  bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Surah Al Hujuraat : 11). Dan dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah bersabda “Semua muslim terhadap muslim yang lain adalah haram, yaitu darahnya, kehormatannya, dan hartanya”. (HR. Muslim)

Bagaimana negara ini menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, jika kita masih senang menempatkan perbuatan yang tercela, dan sudah menjadi jamiyah? Dalam teori Suprarasional dapat dikatakan tabungan jiwa bangsa Indonesia mulai menipis. Karena satu sama lain bukan mengajak kepada kebajikan melainkan kepada kebencian. Seyogyanya seluruh rakyat Indonesia meningkatkan tabungan jiwa dengan cara menebar kebaikan, saling tolong menolong, meningkatkan amal ibadah, fokus kepada tujuan yang kekal yaitu ALLAH (Saputra, 2018). Jika mengetahui kelebihan calon pemimpin idaman, sebarlah kebaikannya, tanpa mencari celah calon pemimpin lainnya dan tanpa menebar kebencian, dengan begitu bangsa ini akan menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman).

Mari kita sama-sama membangun negeri ini mulai dari diri sendiri, mulai dari yang  terkecil, dan mulai dari sekarang (Aa Gym). Dan berdoalah kepada ALLAH agar diberikan pemimpin yang terbaik menurut ALLAH, karena terbaik menurut manusia belum tentu terbaik menurut ALLAH. Ini salah satu langkah untuk membuat Indonesia tersenyum, dan menjadi Indonesia yang lebih baik.

Jepara, 19 Desember 2018


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. bersama jasa seo 28 Des 2018, 22:29:29 WIB

    terima kasih banyak atas semua informasinya kawan... jangan lupa kami tunggu kunjungan baliknya :)

    How NOX Emulator Download 11 Jan 2019, 21:55:47 WIB

    Thanks to this article I can learn more.

    How to Download Lucky Patcher Latest Version 11 Jan 2019, 21:56:57 WIB

    Nice article thank you for sharing Also check!

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • RobertThori

    Hi there! [url=http://canadiantrustpharmacyhd.com/]best online pharmacy[/url] ...

    View Article
  • TyronekEvob

    <a href="http://cialissy.com/#">tadalafil without a doctors ...

    View Article
  • DouglasDup

    <a href="http://canadianpharmacytousa.com/#">onl ine pharmacies</a> ...

    View Article
  • RobertThori

    Hello there! [url=http://canadiantrustpharmacyhd.com/]safest online pharmacy[/url] ...

    View Article