HIKMAH

Oleh: Teguh Imam Agus Hidayat-Litbang Klinik Pendidikan MIPA

KPM dan Suprarasional

| Selasa, 26 Juni 2018 - 22:16:17 WIB | dibaca: 280 pembaca

 

 

Pokok-pokok ajaran Islam, yang biasa di sebut Iman, Islam, Ihsan. Iman berujung kepada keimanan. Ilmu yang mempelajarinya disebut ilmu akidah. Islam berujung pada ibadah. Ilmu yang mempelajarinya disebut fisik. Ihsan berujung kepada akhlak yang mulia kepada ALLAH dan makhluk-Nya. Ilmu yang mempelajarinya disebut tasawuf. Suprarasional adalah bagian dari ilmu tasawuf yang penjabarannya dapat dijelaskan dalam perspektif rasional.

Suprarasional adalah salah satu ilmu,  dimana semua golongan dari kalangan bahkan agama apa pun dapat menerimanya.

Berpikir Suprarasional menyelaraskan hati, pikiran, dan panca indera. Walaupun demikian, hati lebih unggul dari keduanya. Karena kerja panca indera dan akal ada dalan batasan manusia, sedangkan hati ada dalam wilayah Rabbul'aalamiin.

Berpikir Suprarasional dan KPM

Visi dan misi KPM sangat menggambarkan apa itu makna dan hakikat berpikir suprarasional. Walaupun nama ini baru dikenal, tetapi KPM sudah puluhan tahun melaksanakannya. Orang-orang yang berpikir suprarasioanal, mereka akan berada dalam naungan ALLAH, dalam ridho-Nya. Segala aktivitasnya untuk kemaslahatan orang kebanyakan.

Orang KPM adalah orang yang berpikir suprarasional. Karena KPM adalah Badan Usaha Milik Allah (BUMA), maka kita harus bersyukur bisa berkumpul dalam jam'iyyah ini. Mari kita berdoa, semoga kita semua bisa istiqomah dalam melaksanakan aktivitas ini, aamiin..

Jakarta, 25 Juni 2018